ICEI Logo

Menue

Tentang Kami

Indonesia Centre for Education Initiative

ICEI

Tentang Kami

Inovasi. Inspirasi. Dampak.

Indonesian Centre for Educational Initiative (ICEI) adalah organisasi terkemuka di Indonesia yang berdedikasi untuk meningkatkan standar dan praktik pendidikan melalui pendekatan inovatif dan berbasis bukti. Didirikan pada Agustus 2015, ICEI berfokus pada pengembangan profesional, desain kurikulum, dan penelitian untuk memberdayakan pendidik serta menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.

Visi

Memberdayakan pendidikan yang inklusif, inovatif, dan transformatif untuk masa depan yang lebih cerah, adil, dan berkelanjutan.

Misi
  1. Memperkuat institusi pendidikan dengan meningkatkan struktur, manajemen, dan sistem sekolah.
  2. Memberdayakan pendidik dan pemimpin sekolah untuk unggul melalui pengembangan profesional dan peningkatan kapasitas.
  3. Membangun ekosistem pendidikan yang adil dengan mendorong kolaborasi antara sekolah, komunitas, dan pembuat kebijakan.

Temui Para Pendiri ICEI

Irwan Gunawan, M.Pd.

Irwan Gunawan, M.Pd.

Pendiri & Direktur

Irwan Gunawan adalah seorang pendidik dan pemimpin terkemuka dengan lebih dari 20 tahun pengalaman dalam pendidikan anak usia dini (PAUD), mencakup pengajaran, manajemen, penelitian, dan advokasi kebijakan. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Pendidikan Indonesia dan gelar Magister dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Karier Irwan mencakup berbagai peran penting, seperti:

  • Pendiri ICEI.
  • Mantan Pimpinan Spesialis PAUD di Tanoto Foundation.
  • Kepala Sekolah Senior & Penasihat di Kidsville Playschool dan Kindergarten (sebelumnya Gymboree International Preschool).
  • Mantan Kepala Advokasi & Kemitraan di SEAMEO CECCEP.
  • Mantan Peneliti di bidang Kognisi & Pendidikan di Action Against Stunting Hub (SEAMEO RECFON).

Dedikasi Irwan dalam meningkatkan pendidikan anak usia dini telah menjadikannya tokoh penting dalam pembentukan kebijakan dan praktik PAUD di Indonesia.

Dr. Rita Anggorowati, M.Pd.

Dr. Rita Anggorowati, M.Pd.

Co-Founder & Direktur Akademik

Dr. Rita Anggorowati adalah seorang pendidik berpengalaman dan salah satu pendiri ICEI dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di dunia pendidikan serta 17 tahun dalam kepemimpinan dan manajemen. Ia meraih gelar Doktor dalam Administrasi Pendidikan dan memiliki berbagai sertifikasi, termasuk:

  • Certified NLP Coach dari Indonesia NLP Society.
  • Fasilitator Bersertifikat 7 Habits for Highly Effective People™.
  • Fasilitator Bersertifikat Principal Academy™ oleh Franklin Covey.

Karier Dr. Rita yang luas meliputi:

  • Direktur ICEI.
  • Ketua Indonesia NLP Society.
  • Peneliti di SEAMEO RECFON, memimpin bidang Pendidikan dan Nilai-Nilai Bersama dalam Action Against Stunting Hub.
  • Pakar Perlindungan Anak di Human Initiative.
  • Mantan Kepala Pusat di Pelita Nusantara School.
  • Fasilitator dan Pelatih Asosiasi di Dunamis Organization Services, PT Erlangga, dan BMS Global.

Keahliannya yang luas mencakup pelatihan, konsultasi, dan coaching, dengan fokus pada kepemimpinan, nilai-nilai bersama, dan pengembangan kapasitas untuk institusi pendidikan.

Staf dan Dukungan

Tiara Asyifa
Tiara Asyifa

Social Media Specialist

Faris Adrian Azkarahman
Faris Adrian Azkarahman

Program Officer

Farhan Nur Hidayat
Farhan Nur Hidayat

Web & Back-End Programmer

Filosofi

Memberdayakan Pendidikan, Mengubah Kehidupan.

Filosofi ini mencerminkan komitmen ICEI dalam mendorong keunggulan pendidikan melalui praktik berbasis bukti, inovasi, dan pengembangan kapasitas holistik. Filosofi ini menekankan transformasi baik pada tingkat individu maupun sistem pendidikan.

Pendekatan kami didasarkan pada lima prinsip utama

Inklusivitas
Inklusivitas

Mempromosikan akses terhadap pendidikan berkualitas bagi semua orang, tanpa memandang latar belakang atau keadaan.

Inovasi
Inovasi

Memanfaatkan pendekatan kreatif dan berbasis bukti untuk mengatasi tantangan pendidikan.

Kolaborasi
Kolaborasi

Membangun kemitraan dengan pendidik, sekolah, komunitas, dan pembuat kebijakan untuk perbaikan sistemik.

Keberlanjutan
Keberlanjutan

Memastikan dampak jangka panjang melalui penelitian, pengembangan profesional, dan penguatan kapasitas kepemimpinan.

Keunggulan
Keunggulan

Menjunjung standar tinggi dalam pendidikan, kepemimpinan, dan pengembangan institusi.