Kepemimpinan Guru & Manajemen Perubahan

Teacher as a Leader: Membangun Guru Pemimpin Pembelajaran dan Perubahan Sekolah

(*Click on the image to see a more detailed infographic image)

Teacher as a Leader: Membangun Guru Pemimpin Pembelajaran dan Perubahan Sekolah

🔍 Mengapa Pelatihan Ini Penting?

🔹 Guru bukan hanya pengajar, tapi juga pemimpin pembelajaran dan agen perubahan di sekolah.

🔹 Banyak guru menghadapi tantangan: komunikasi internal yang lemah, konflik antarguru, kurangnya kejelasan visi pembelajaran.

🔹 ICEI menawarkan pelatihan yang terstruktur, reflektif, dan aplikatif untuk menjawab kebutuhan tersebut.

🎯 Tujuan Pelatihan

Membekali guru dengan kompetensi kepemimpinan transformasional & empatik.

Meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran yang adaptif & berdampak.

Mengembangkan rencana perubahan nyata (Theory of Change) yang dapat diterapkan di kelas atau lingkungan sekolah.

🗓 Struktur Pelatihan (2 Hari):

📌 Hari Pertama:

Menjadi Pemimpin yang Empatik & Kolaboratif

Peran Guru sebagai Pemimpin

Nilai & Gaya Kepemimpinan

Komunikasi, Empati, dan Resolusi Konflik

📌 Hari Kedua:

Merancang Pembelajaran & Perubahan Sekolah

Gaya Belajar & Teori Pembelajaran

Workshop: Theory of Change untuk Lingkungan Sekolah

📦 Hasil yang Diperoleh Peserta

✅ Profil gaya kepemimpinan pribadi

✅ Strategi komunikasi & kolaborasi antar guru

✅ Pemahaman gaya belajar & perancangan pembelajaran

✅ Draft Theory of Change untuk perubahan nyata

✅ Rencana Tindak Lanjut dan Surat Komitmen Guru

💡 Keunggulan ICEI

Pendekatan partisipatif: “Belajar sambil melakukan”

Fasilitator berpengalaman di pendidikan & manajemen perubahan

Materi kontekstual, dapat langsung diterapkan di sekolah

Sertifikat + output portofolio pembelajaran

📞 Tertarik menghadirkan pelatihan ini di sekolah Anda?

Hubungi kami di:

📧 iceibandung@icei.or.id

🌐 www.icei.or.id

Stay Closer to ICEI Activities

Don't miss out on the latest updates, activity photos, and exciting stories from ICEI. Follow us on social media and be part of the change!